Perkembangan
industri pesawat terbang pada saat ini berkembagan material pada pesawat
terbang bertujuan untuk mengurangin bobot berat pesawat terbang dan meningkatkan
efiensi bahan bakar.pengunaan material di pesawat terbang dapat berupa
composite,metal al allloy ,ti alloy dan super alloy yang di gunakan untuk
berbagai macam komponen seperti di enggine, frame dan equipment lain di
pesawat.
Al alloy
Paduan aluminium merupakan material
rekayasa yang banyak digunakan untuk kepentingan konstruksi kedirgantaraan karena
sifatnya
yang ringan dan kuat. Kedua sifat
tersebut merupakan syarat utama suatu material dapat dijadikan bahan dasar
struktur pesawat terbang. Unsur paduan yang
ditambahkan dan perlakuan panas (heat treatment) yang diberikan pada aluminium
selama pemrosesan sangat mempengaruhi sifat paduan aluminium yang dihasilkan
adalah precipitation hardening alloy yaitu adalah pembentukan fasa baru melalui
mekanisme difusi dari suatu paduan yang bersifat supersaturated
solid-solution. Fasa presipitat itu sendiri merupakan fasa transisi
sebelum fasa baru terbentuk. Suatu presipitat dapat memperkeras material
dikarenakan adanya distorsi dan internal stress sehingga akan menyulitkan bagi
dislokasi untuk bergerak.
Ti alloy
Titanium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel
periodik yang memiliki simbol Ti dan nomor atom
22. Unsur ini merupakan logam transisi yang ringan, kuat, berkilau, tahan korosi (termasuk
tahan terhadap air
laut, aqua
regia, dan klorin)
dengan warna putih-metalik-keperakan. Titanium dapat digunakan sebagai alloy
dengan besi, aluminium, vanadium, dan molybdenum,
Ti alloy yang kuat namun ringan untuk penerbangan.
Keunggulan
Titanium
Salah satu karakteristik Titanium yang paling
terkenal adalah dia sama kuat dengan baja tetapi
hanya 60% dari berat baja.
Kekuatan
lelah (fatigue strength) yang lebih tinggi daripada paduan aluminium.
Tahan suhu
tinggi. Ketika temperatur pemakaian melebihi 150 C maka dibutuhkan titanium
karena aluminium akan kehilangan kekuatannya secara nyata.
Tahan korosi.
Ketahanan korosi titanium lebih tinggi daripada aluminium dan baja.
Dengan rasio berat-kekuatan yang
lebih rendah daripada aluminium, maka komponen-komponen yang terbuat dari
titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibanding aluminium.
Super Plastic Forming
Super Plastic
Forming adalah suatu proses yang didesain untuk material lembaran dimana
ductility ditingkatkan sehingga elongasinya meningkat beberapa ratus persen.
Super Plastic Forming and Diffusion
Bonding (SPF/DB) merupakan suatu teknik pemrosesan material yang dikembangkan
dan banyak dipakai pada industri dirgantara. Proses ini diterapkan pada
titanium dan paduannya, dimana material ini menunjukan sifat superplastik pada
kondisi temperatur tinggi dan tekanan tertentu. Kondisi temperatur dan tekanan
yang dimaksud disini adalah kondisi yang dibutuhkan atom untuk berikatan.
Sehinnga, dua proses ini (SPF dan DB) dapat dikombinasikan dalam satu operasi
pabrikasi (manufaktur) yang bersamaan atau pun berurutan.
Proses SPF/DB digunakan untuk
memproduksi struktur sandwich kaku untuk komponen airframe atau chord yang
lebar dan blade turbin untuk mesin pesawat udara. Keuntungannya adalah, dengan
proses SPF/DB kita dapat membuat komponen dengan bentuk kompleks secara lebih
cepat dan efisien. Selain itu, jika dibandingkan dengan teknologi konvensional,
maka metode ini dapat memberikan kontribusi saving cost hingga 20-30 %.
Aplikasi khusus dari produk SPF/DB
antara lain:
- Titanium alloy, Civil Aircraft.
Antara lain
digunakan pada komponen temperatur tinggi disekitar mesin atau yang berhubungan
langsung dengan udara panas, seperti : panel pylon, panel nacelle, dan wing
access panels. Selain itu juga pada fan blades mesin jet
Composite
·
Composite yang digunakan pada
pesawat Airbus A380
adalah
composite glare glass reinforced laminate .glare adalah serat logam laminasi
(FML) yang tersusun dari beberapa lapisan logam yang sangat tipis (biasanya
aluminium) diselingi lapisan serat aramede, diikat bersamaan dengan matriks
seperti epoksi. Meskipun GLARE adalah material komposit sifat material dan
sangat mirip dengan lembaran logam aluminium
Keungglan
utamanya dibanding aluminium konvensional adalah:
·
Mempunyai sifat yang lebih baik terutama dampak fatik dan impact
·
Ketahanan korosi lebih baik
·
Lebih anti api
·
berat spesifik yang rendah
NI-super
alloy
Pada
engine pesawat digunakan material NI super alloy Superalloy sangat penting untuk
aplikasi temperatur tinggi, oleh karena itu sebagai paduan tahan suhu panas
atau tinggi. Superalloy umumnya memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi,
kelelahan mekanis dan termal, getaran mekanik dan termal, rambatan, dan erosi
pada temperatur tinggi. . Kebanyakan superalloy memiliki ketahanan suhu
maksimum sekitar 1000oC dalam aplikasi struktural. Suhu dapat setinggi 1.200oC
Superalloy
biasanya digunakan pada mesin turbin gas di area mesin yang terkena suhu tinggi
dan yang memerlukan kekuatan tinggi, ketahanan creep yang sangat baik, serta
ketahanan korosi dan oksidasi. Pada mesin turbin ini berada pada turbin tekanan
tinggi dimana bilah dapat menghadapi suhu mendekati jika tidak melampaui suhu
lelehnya. Mesin jet baru lebih efisien karena suhu operasi lebih tinggi,
membutuhkan komponen berkinerja lebih tinggi. Penggunaan paduan super dapat
memungkinkan suhu operasi ditingkatkan dari 1200F sampai 1300F. Selain
meningkatkan efisiensi dan output daya, suhu yang lebih tinggi menghasilkan
emisi yang berkurang karena siklus pembakaran lebih lengkap. Diagram di bawah
ini menunjukkan area di dalam mesin jet dimana paduan super berbasis nikel
digunakan yaitu zona tekanan terpanas dan tertinggi.
Pada turbo jet enggine di lapisin
pelindung suhu tinggi dan lingkungan.
Dengan mengunakan thermal barrier coating(EB-PVD or plasma sprayed)
Superalloy berbasis nikel diproduksi dengan solidifikasi yang dikontrol dengan hati-hati agar mendapatkan struktur kristal tunggal terarah. Komponen yang dibuat dari paduan super dapat memiliki kekuatan pada suhu 1000 ° C yang melebihi baja biasa pada suhu kamar. Super alloy material banyak digunakan dalam bagian terpanas dari mesin pesawat terbang
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
BalasHapusTerjangkau
Cost saving
Solusi
Penawaran spesial
Hemat biaya Energi dan listrik
Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut
Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Garment wash,Eco Loundry,Paper Chemical,Textile Chemical,Degreaser & Floor Cleaner Plant,Kaporit tablet,cair & serbuk,Freon R 22 dll
2.
Oli industri
Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik),Rust remover,Coal & feul oil additive,Cleaning Chemical,Lubricant
3.
Other Chemical
RO Chemical,Hand sanitizer,Disinfectant,Evaporator,Oli Grease,Karung,Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68
C-PAO,Zinc oxide,Thinner,
Macam2 lem,Alat-alatlistrik,Packaging,Pallet,Almunium,Bata api std 230*114*65 mm,Bata Api Sk 34 itu bs ketahanan 1400°
Bata Api Sk 36 bs tahan 1600°,Semen sk 34 dan 36,Masing2 sama ketahanan suhunya
Lem Dextone
Spesialis Menjual TERPAL&TENDA
Nama2 barang/jual.Bahan2 Terpaluline: jerman,korea,A12korea,A12cina,canvas super,terpal A1 s/d A20,
*Tenda lipat,Terpal canvas/kain super,Tali tambang PE dan PP,tambang manila,Jaring anggrek,Jaring polynett(untuk konstruksi & bangunan),jaring PE dan waring(untuk perkebunan,perikanan,dll),Karung plastik,plastik mika,Bahan sunbrella/awning.Terpal plastik,parasheet,oxford,PVC Leather,PE/PP ROPE,ETC,TAS MOTOR dsb